Monday 19 January 2015

perbedaan antara windwos xp & 7

Perbedaan windows XP dan windows 7 :




System reqirements 
Windows XP :
· Pentium 233-megahertz (MHz) processor atau lebih (300 MHz dianjurkan)
· Minimal 64 megabytes (MB) of RAM (128 MB dianjurkan)
· Minimal 1.5 gigabytes (GB) ruang kosong hard disk
· CD-ROM atau DVD-ROM drive
· Keyboard dan Mouse atau beberapa pointing device yang mendukung.
· Video adapter dan monitor dengan Super VGA (SVGA 800 x 600) atau lebih.

Windows 7 :
· Minimal 1 gigahertz (GHz) atau lebih untuk 32-bit (x86) dan 64-bit (x64) processor
· Minimal 1 gigabyte (GB) RAM untuk 32-bit dan 2 GB RAM untuk 64-bit
· Minimal 16 GB ruang kosong hard disk untuk 32-bit atau 20 GB untuk 64-bit
· DirectX 9 graphics device dengan WDDM 1.0 or higher driver


              Tidak hanya dalam segi system requirements saja, tetapi juga dalam segi system managemengt error di kedua system. Yang sekarang dimiliki windows 7 adalah yang baik, yang mana di dalam system operasi
windows XP jika kita membuka banyak aplikasi dan salah satu aplikasi mengalami not responding , maka semua aplikasi akan dihentikan maupun di end process , berbeda halnya dengan windows 7 dimana jika kita membuka banyak aplikasi dan salah satu aplikasi tersebut mengalami not responding, maka hanya aplikasi tersebutlah yang akan di end process maupun dihentikan sedangkan aplikasi lainnya tetap berjalan.

 PERBEDAAN LAINNYA :
  • Windows 7 memiliki Windows Aero yang sangat cantik dan sangat berguna. Sedangkan XP tidak memiliki itu.
  • Fitur sleep, hibernate, dan resume jauh lebih cepat dengan menggunakan WIndows 7. Bisa dihitung, sleep hanya 2 detik dan hibernate maksimal 5 detik dan resume maksimal 7 detik. Kalau XP akan lebih lama lagi.
  • Windows 7 dapat digunakan dengan mudah karena Start menu sudah didesain ulang agar terlihat lebih cantik namun lebiih powerful. Sekarang kita tidak perlu membuka windows explorer untuk mencari, cukup dengan buka Start menu pada windows 7 dan mulai mencari. Dan ada juga fitur Jump List pada taskbar, agar mengakses program yang penting dapat digunakan dengan mudah
  • Windows 7 pun memiliki Windows Virtual PC yang memungkinkan anda untuk menjalankan OS lain bersamaan dengan Windows 7, jadi anda tidak perlu merestart komputer untuk mengaksesnya.
  • Masalah keamanan, Windows 7 lebih unggul. Karena ada Windows Firewall yang sudah di tingkatkan level keamanannya. Dan juga Windows Defender yang siap memproteksi anda kapan saja. Semua file Windows 7 akan lebih aman dari Windows XP
  • Sistem UAC (User Account Control) akan memeringatkan anda jika sebuah program akan dijalankan. Fitur ini dapat anda atur di Control Panel sesuai keinginan. Jadi, jika ada virus yang masuk ke Windows 7 dan virus tersebut menjalankan sebuah program, maka secara otomatis UAC akan muncul dan memblokir program dan virus tersebut karena dijalankan tanpa seijin pengguna komputer. 
  • Personalisasi desktop sekarang lebih mudah. Hanya klik kanan terus personalize deh. Anda dapat memilih wallpaper dan tema dengan mudahnya.


PERBEDAAN INSTALLASI ANTARA WINDOWS 7 DAN WINDOWS XP
 
  •  Dalam metode installasi SO , windows 7 dapat mengenal SATA dan IDE . sedangkan dalam windows XP hanya mengenal IDE. Jadi jika kita akan menginstall XP di Laptop kita dan muncul gambar seperti dibawah ini (BSOD)
BSOD , blue screen of dead

 Biasanya dikarenakan windows XP yang akan kita install hanya mengenal hardisk IDE. Sedangkan Laptop kita sudah bermetode SATA.
  • Dalam installasi Sistem Operasi, Windows 7 hanya memperbolehkan pembagian partisi hingga 3 partisi saja. Sedangkan Windows XP dapat membuat hingga 5 partisi atau lebih.
  • Dalam windows 7 dikenal adanya system reserved. System reserved yaitu partisi khusus yang dibuat oleh Windows 7 (defaultnya tersembunyi, hanya bisa dilihat menggunakan perintah mountool atau diskmgmt.msc). Fungsinya untuk menyimpan data khusus boot/BCD storage Windows 7 (biar tidak terhapus secara tidak sengaja).Kalaupun tidak pakai System Reserved, Windows 7 akan menggunakan partisi lain untuk menyimpan BCD (bukan di drive C:).Untuk itu, system reserved biasanya cukup mengambil space hardisk kita dalam kisaran 100 mb saja.
  • di windows XP 8 MB sisa partisi (Unpartition Space 8 MB) akan selalu ada jika format hardisk menggunakan format NTFS, tetapi jika hardisk menggunakan format FAT atau FAT32 maka Unpartition Space 8 MB tersebut akan hilang. Itu karena format NTFS memberikan cluster yang lebih kecil terhadap hardisk dari pada format FAT maupun FAT32, sehingga format NTFS ini selalu menyisakan 8 MB (Unpartition Space 8 MB). Cluster berarti sekelompok data yang mempunyai korelasi atau karakteristik sejenis atau dengan kata lain mempunyai kemiripan. Jika Unpartition Space 8 MB tersebut berada di awal partisi, seperti:

Unpartition Space 8 MB (unknown)
C: NTFS [SYSTEM] 49998 MB
D: NTFS [DATA] 74665 MB

 Maka kemungkinan besar PC tidak akan mau booting, karena MBR (Master Boot Record) rusak yang disebabkan oleh berbagai banyak format ex: ext1, ext2. Cara mengatasinya dengan membuat partisi baru serta melakukan format dari awal. Master Boot Record (MBR) adalah bagian dari hard disk yang berukuran 512 byte dan terletak pada sektor pertama hard disk. MBR terdiri dari dua bagian utama, yaitu boot code (446 byte) dan partition table (66 byte). Saat perintah lilo, grub-install, atau fdisk /mbr pada DOS dijalankan, semua informasi ditulis pada pada bagian boot code. Adapun bagian partition table digunakan untuk menyimpan berbagai informasi yang diperoleh saat perintah partisi cfdisk dijalankan. Sebaliknya, jika Unpartition Space 8 MB tersebut berada di belakang atau di bawah partisi. Berarti tidak ada masalah

No comments:

Post a Comment