Thursday 29 January 2015

istilah istilah penting dalam sistem oprasi

Istilah – Istilah Penting
Kernel : Inti sistem oeprasi dalam kode binary yang di load dan dijalankan
oleh PC setelah ia nyalakan.
Kernel Monolitihic : Kernel “all in one”, yang mengandung semua bagian yang dekat
dengan sistem (driver, pengelolaan proses termasuk scheduler,
pengelolaan memori dan sistem file). Kelemahannya adalah
ukurannnya dan tak adanya batas antar bagian dalam memori,
karena semua komponen dijalankan dalam modus kernel CPU
yang terbatas. Besarnya kernel yang aktif dapat dibatasi dengan
mengeluarkan bagian-bagiannya (misalnya driver) ke modul atau
virtual diver. Kelebihannya prinsip monolithic adalah kinerjanya.
Micorkernel : Microkernel hanya berisi bagfian-bagian yang terpenting
(scheduler, routine, inisialisasi, dan mungkin manajemen memori).
Sisanya seperti diver, sistem file, interface grafis dan komponen
jaringan merupakan program biasa bagi kernel. Keuntungannya
ialah berukuran kecil, lebih sederhana dan batas antara memori
komponen kernel dengan komponen user lebih baik.
Kelemahannya ialah kecepatan yang rendah : Perpindahan terus
menerus antara Kernel-Mode dan User-Mode setidaknya
memperlambat CPU Intel.
Proses : Prinsipnya pada sebuah program di start, menduduki sebuah ruang
alamat di memori dan masuk daftar tunggu scheduler. Pada kernel
disebut “Init”.
Multitasking : Merupakan prosedur untuk menjalnkan beberapa proses secara
bersamaan (pararel) pada sebuah CPU. Multitasking dilakukan
oleh scheduler.
Multithreading : Threads merupakan bagian dari proses, yang dapat dipisahkan
untuk dijalankan secara pararel. Bila pembuat program
merencanakan beberapa threads, sebuah sistem operasi
Kuliah Umum IlmuKomputer.Com
multithreading dapat menjalankan threads secara pararel pada
beberapa hardware.
Multiuser : Prosedur yang memungkinkan beberapa orang menggunakan PC.
SMP : Singkatan dari “Symetrical MultiProcessing”, suatu cara populer
untuk menjalankan beberapa CPU yang setara haknya dengan
multitasking murni.
Scheduler : Sebuah routine (biasanya bagian dari kernel) yang mengelola
daftas semua proses sistem operasi dalam sebuah atau beberapa
antrian.
Preemptives : Prosedur scheduling yang menyingkirkan sementara sebuah
proses berjalan untuk memberi kesempatan pada proses lainnya.
Boot : Pada saat komputer dimulai baik pada saat dinyalakan komputer
dari keadaan mati atau “cold boot” atau keadaan nyala dengan
menekan Ctrl + Alt + Del atau “warm boot”.
Shell : Suatu program yang terpisah untuk menyediakan komunikasi
langsung antara user dengan sistem operasi, contohnya adalah
seperti command.com pada MS-DOS.
Interface : Merupakan fungsi yang menghubungkan dengan program dengan
user sehingga dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Interface
dapat berupa grafis, menu dan perintah baris seperti pada MSDOS
(diungkapkan seperti C> ).
Windows manager : Sebuah multitasing graphical interface.
Desktop manager : Sebuah layar yang nampak pada monitor baik di Macintosh
maupun Windows yang mempunyai banyak icon untuk
menjalankan program.
GUI : Singkatan dari “Graphic User Interface” yaitu tampilan grafis
yang memungkinkan user untuk memilih perintah, memulai
program dan melihat isi file serta pilihan lain dengan gambargambar
kecil yaitu icon.
Debug : Suatu tekhnik untuk mencari dan memperbaiki kesalahan/bug
dalam suatu program komputer.
Networking : Koneksi secara pisik antara komputer yang satu dengan yang lain.
Dengan network antara komputer dengan komputer yang lain
dapat berbagi data dan printer serta sumber daya yang lain. Dalam
bahasa Indonesia dikenal sebagai Jaringan.
Server : Salah satu konsep jaringan yaitu komputer yang melayani
beberapa komputer yang lain.
Mail server : Suatu tempat untuk menyimpan E-mail dalam server.
Web : Suatu halaman yang terdiri dari grafis dan suara yang terdapat
pada internet.
Web server : Suatu tempat untuk menyimpan web dalam server.
Source Code : Perintah pemrograman yang dapat dibaca oleh manusia dan dapat
diturunkan menjadi object code yaitu program yang
diterjemahkan/dicomplie dalam bahasa mesin. Jika open source
code berarti kode tersebut dapat dibuka dan dilihat oleh user.
Speech recognition : Kemampuan sebuah komputer untuk mengerti kata yang
diucapkan untuk tujuan menerima perintah dan data input dari
komputer.
Plug and Play : Suatu fungsi yang memungkinkan baik hardware maupun
software untuk dipasang secepatnya tanpa konfigurasi terlebih
dahulu, sehingga memudahkan untuk upgrade komputer.
Hacker : Seseorang yang secara total terlibat dan menekuni bidang
tekhnologi komputer. Tetapi konotasi hacker menjadi kurang baik
sejak kebangkitan era komputer karena mereka dianggap suka
menebarkan kekacauan di komputer seperti virus, mencuri data
orang lain, dll. Namun perlu diketahui bahwa sifat merusak itu
lebih tepat disebut cracker sedangkan julukan hacker sebenarnya
lebih tepat sebagai orang yang serius menekuni program
komputer/tekhnologi komputer.
Routing : Kegiatan yang rutin yang ada di dalam komputer.
Nameserver : Proses pemberian nama pada server.
Rendering graphics : Proses manipulasi grafis.

No comments:

Post a Comment