Sunday 1 March 2015

Rangkaian Demultiplexer



Demultiplexer merupakan rangkaian logika yang berfungsi menyalurkan data yang ada pada inputnya ke salah satu dari beberapa outputnya dengan bantuan sinyal pemilih atau sinyal kontrol. Dalam penyebutannya, demultiplexer sering dikemukakan dalam bentuk singkatannya saja yakni DEMUX. 

Demultiplexer disebut juga sebagai penyalur data (data distributor), dan fungsinya merupakan kebalikan dari fungsi multiplexer.

Demultiplexer sering disebut sebagai perangkat dengan sedikit input dan banyak output, karena berfungsi untuk memilih saluran output yang banyak dari jalur input yang sedikit.




Sebagai contoh dalam aplikasi digital (TTL) terdapat IC khusus yang berfungsi sebagai demultiplexer seperti IC 74LS138 yang merupakan demultiplexer 8 jalur. Demultiplexer 74LS138 berfungsi untuk memilih salah satu dari 8 jalur dengan memberikan data BCD 3 bit pada jalur masukan A0 – A2. Demultiplexer 74LS138 memiliki 8 jalur keluaran Q0 – Q7, 3 jalur masukan A0 – A2 dan 3 jalur kontrol expansi E1 – E3. 

Konfigurasi Pin Demultiplexer IC 74LS138


Rangkaian Internal Demultiplexer 74LS138
  




Karakteristik data keluaran terhadap masukan dari demultiplexer 74LS138 ditunjukan pada tabel berikut.
  


Tabel Karakteristik Demultiplexer IC 74LS138
  


Demultiplexer akan mengambil salah satu jalur data berdasarkan data input selektor. Jalur output yang diplih tersebut sesuai dengan data input yang diberikan.
Berikut adalah IC TTL dan CMOS yang termasuk dalam keluarga demultiplexer.


Tabel Keluarga IC Demultiplexer TTL Dan CMOS


No comments:

Post a Comment