Wednesday 2 December 2015

analisis kesehatan bank mandiri menggunakan metode CAMELS

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesehatan Bank Mandiri dengan menggunakan metode CAMELS pada tahun 2003-2010 dan untuk menganalisis perkembangan kinerja keuangan Bank Mandiri antara tahun 2003-2010. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan analisis rasio CAMELS (Capital, Asset Quality, Management, Earning, Liquidity, dan Sensitivity to Market Risk) untuk menganalisis laporan tahunan (Annual Report) periode 2003-2010. Analisis data yang digunakan adalah deskripsi yang menggambarkan hasil analisis CAMELS. Berdasarkan hasil analisis kesehatan bank dengan metode CAMELS (Capital, Asset, Management, Earnings, Liquidity, and Sensitivity to Market Risk), dapat disimpulkan bahwa PT. Bank Mandiri, Tbk mendapat predikat sehat, baik untuk tahun 2003 sampai dengan tahun 2010. Tingkat kesehatan bank berdasarkan metode CAMELS (Capital, Asset, Management, Earnings, Liquidity, and Sensitivity to Market Risk), dijelaskan bahwa Tingkat Kesehatan (TKS) PT. Bank Mandiri, Tbk dalam kurun waktu 8 tahun tahun terakhir yaitu tahun 2003-2010 mendapat predikat sehat. Meskipun selama 8 tahun terakhir mengalami kenaikan dan penurunan diakibatkan oleh kondisi ekonomi dan kondisi makro perbankan tetapi tetap dikategorikan bank yang sehat selama 8 tahun periode. Penilaian kinerja PT. Bank Mandiri, Tbk dalam kurun waktu 8 tahun tahun terakhir yaitu tahun 2003-2010 mengalami perkembangan yang fluktuatif sehingga mengalami penilaian kinerja yang dikatakan naik turun selama periode penelitian. Meskipun demikian perkembangan yang fluktuatif tersebut dinilai baik karena tiap tahun masih berada dalam kondisi yang “sehat” kecuali pada tahun 2005 yang berada dalam kondisi “cukup sehat”

memberikan beberapa saran, yaitu :

 (1) Sebaiknya penetapan kebijaksanaan pemberian kredit lebih diperketat lagi untuk meminimalkan jumlah kredit macet sehingga kegiatan operasional dan perkembangan bank tidak terhambat.
 (2) Mengingat bahwa faktor Permodalan (capital), Kualitas Aktiva Produktif (asset quality), Rentabilitas (earning), dan Likuiditas (liquidity) merupakan faktor dalam menilai tingkat kesehatan bank maka hendaknya PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk harus tetap mempertahankan dan meningkatkan tingkat rasio yang telah dicapai beberapa tahun terakhir ini. 
(3) Untuk penelitian selanjutnya, hendaknya dilengkapi faktor manajemen agar dapat menentukan tingkat kesehatan perbankan secara keseluruhan.

No comments:

Post a Comment