Tuesday 26 May 2015

Pengertian Ilmu, Pengetahuan, Ilmu Pengetahuan dan Sains




      I.          Pengertian Ilmu
A.    Secara entimologi
kata Ilmu berasal dari bahasa Arab "ilm" yang artinya mengerti, paham, serta mengetahui. Ilmu merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, masdar dari ‘alima – ya’lamu yang berarti tahu atau mengetahui. Dalam bahasa Inggeris Ilmu biasanya dipadankan dengan kata science, sedang pengetahuan dengan knowledge. Dalam bahasa Indonesia kata science umumnya diartikan Ilmu tapi sering juga diartikan dengan Ilmu Pengetahuan, meskipun secara konseptual mengacu paada makna yang sama.
B.    Ilmu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Ilmu adalah pengetahuan tentang sesuatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu dibidang (pengetahuan) itu.
C.    Ilmu menurut Wikipedia
Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.
D.    Moh Hatta
Ilmu adalah pengetahuan yang didapat dengan jalan keterangan.
E.     Menurut Nazir(1988)
Ilmu adalah pengetahuan yang bersifat umum dan sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil – dalil tertentu menurut kaidah – kaidah umum.
F.     Menurut Shapere (1974)
Konsepsi ilmu pada dasarnya mencakup tiga hal yaitu adanya rasionalitas, dapat digeneralisasi dan dapat disistematisasi.
G.    Menurut Schulz (1962)
Pengertian ilmu mencakup logika, adanya interpretasi subjektif dan konsistensi dengan realitas sosial.
H.    Menurut John G. Kemeny
 Ilmu merupakan semua pengetahuan yang dikumpulkan dengan metode ilmiah. Dari pernyataan tersebut jelas bahwa ilmu merupakan hasil/produk dari sebuah proses yang dibuat dengan menggunakan metode ilmiah sebagai suatu prosedur.
I.       Menurut The Liang Gie
Ilmu adalah rangkaian aktivitas manusia yang rasional dan kognitif dengan metode berupa aneka prosedur dan tata langkah sehingga menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala – gejala kealaman, kemasyarakatan, atau keorangan untuk tujuan mencapai kebenaran, memperoleh pemahaman, memberikan penjelasan ataupun melakukan penerapan.
J.      Menurut syar’i
Ilmu adalah dalil-dalil (Al-Qur’an dan sunah) yang merupakan kebenaran yang mutlak terutama bagi manusia yang mengimani nya.
K.    Menurut Ibnu Qoyyim
Ilmu adalah Allah berfirman, rasul bersabda dan para sahabat berkata.
L.     Menurut  Minto Rahayu
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji
M.   Menurut  Popper
ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.
N.    Menurut  Dr. H. M. Gade
Ilmu adalah falsafah. yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia
O.    Menurut  M. Izuddin Taufiq
Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya.
P.     Menurut  Thomas Kuhn
Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, bail dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya
Q.    Menurut  Dr. Maurice Bucaille
Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.
R.    Menurut  Ns. Asmadi
Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah)
S.     Menurut  Poespoprodjo
Pengertian Ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris.
T.     Menurut Francis Bacon
Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid dan hanya fakta-fakta yang dapat menjadi objek pengetahuan.
U.    Menurut  Charles Singer
Ilmu adalah suatu proses yang membuat pengetahuan (science is the process which makes knowledge).
V.    Ralp Ross dan Ernest Van Den Haag
ilmu adalah yang empiris, rasional, umum dan sistematik, dan keempatnya serentak.
W.  Karl Pearson
 ilmu adalah lukisan atau keterangan yang komprehensif dan konsisten tentang fakta pengalaman dengan istilah sederhana
X.    Ashely Montagu, Guru Besar Antropolo di Rutgers University
ilmu adalah pengetahuan yang disususn dalam satu system yang berasal dari pengamatan, studi dan percobaan untuk menetukan hakikat prinsip tentang hal yang sedang dikaji.
Y.    Harsojo, Guru Besar antropolog di Universitas Pajajaran
ilmu adalah akumulasi pengetahuan yang disistematisasikan.
Z.     Afanasyef, seorang pemikir Marxist bangsa Rusia
ilmu adalah pengetahuan manusia tentang alam, masyarakat, dan pikiran. Ia mencerminkan alam dan konsep-konsep, kategori dan hukum-hukum, yang ketetapannya dan kebenarannya diuji dengan pengalaman praktis.
         

Dari semua Pendapat tentang Pengertian Ilmu di atas kita dapat menyimpulkan bahwa Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.

Sumber           :
1.     http://diahtyas8.wordpress.com/2011/03/10/apa-itu-ilmu-dan-apa-definisi-ilmu/
2.     http://khadafi11.blogspot.com/2010/08/pengertian-ilmu-secara-bahasa-dan-syari.html.
3.     http://pengertianbahasa.blogspot.com/2013/02/pengertian-ilmu.html.


     II.          Pengertian Pengetahuan
A.    Menurut Istilah
Pengetahuan adalah Informasi yang telah diproses dan diorganisasikan untuk memperoleh pemahaman, pembelajaran dan pengalaman yang terakumulasi sehingga bisa diaplikasikan ke dalam masalah/proses bisnis tertentu .
B.    Menurut Archie J. Bahm
dalam tulisannya yang berjudul what’s science dijelaskan bahwa pengetahuan yang disepakati sebagai ilmu harus dapat diuji dengan enam komponen utama yang disebut dengan six kinds of science yang meliputi problems, attitude, method, activity, conclusions, and effects.
C.    Menurut Soekidjo, Notoadmodjo 2003
Pengetahuan ialah merupakan hasil “tahu” dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu obyek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca  indera manusia yaitu : indera penglihatan, pendengaran, penciuman,  rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga .
D.    Heidegger
Pengetahuan adalah peristiwa yang menyebabkan kesadaran manusia memasuki terang ada
E.     Martin & Oxman, 1988
Pengetahuan merupakan kemampuan untuk membentuk model mental yang menggambarkan obyek dengan tepat dan merepresentasikannya dalam aksi yang dilakukan terhadap suatu obyek
F.      Anonim
Pengetahuan adalah sumber yang luar biasa, sumber penciptaan nilai yang paling utama.
G.     Robert M.Z. Lawang
Pengetahuan adalah segala sesuatu yang dialami atau yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seseorang
H.     Onny S. Prijono
Pengetahuan adalah nilai yang membiasakan orang yang mengembannya untuk selalu tahu (sadar) tentang apa yang dia lakukan dan mandiri dalam penelitian.
I.        John Dewey
Pengetahuan ialah perkembangan pandangan instrumentalis pragmatis, dimana kecerdasan dilihat sebagai penyesuaian yang sensitif dan fleksibel dengan bermaksud ends-in view.
J.       Prancis Bacon (1561 - 1626)
Selama ini pengetahuan tentang hubungan kekuasaan dan pengetahuan berasal dari filsafat ilmu, yang artinya pengetahuan ialah kekuasaan.
K.    Subandi Al Amrsudi
Pengetahuan ialah segala sesuatu kebenaran yang diterima oleh manusia, baik yang telah teruji menjadi ilmu maupun yang belum teruji
L.     Laudon (Pearson)
Pengetahuan adalah kejadian yang kognitif, bahkan fisiologis, yang terjadi dalam pikiran manusia.
M.   Tim penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002
Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui, segala sesuatu yang diketahui berkenaan dengan hal (mata pelajaran).
N.    Menurut Pudjawidjana (1983), pengetahuan adalah reaksi dari manusia atas rangsangannya oleh alam sekitar melalui persentuhan melalui objek dengan indera dan pengetahuan merupakan hasil yang terjadi setelah orang melakukan penginderaan sebuah objek tertentu.
O.    Menurut Ngatimin (1990), pengetahuan adalah sebagai ingatan atas bahan-bahan yang telah dipelajari dan mungkin ini menyangkut tentang mengikat kembali sekumpulan bahan yang luas dari hal-hal yang terperinci oleh teori, tetapi apa yang diberikan menggunakan ingatan akan keterangan yang sesuai.


Dari beberapa pengertian pengetahuan di atas dapat disimpulkan bahwa pengetahuan merupakan segala sesuatu yang diketahui yang diperoleh dari persentuhan panca indera terhadap objek tertentu. Pengetahuan pada dasarnya merupakan hasil dari proses melihat, mendengar, merasakan, dan berfikir yang menjadi dasar manusia dan bersikap dan bertindak. Partanto Pius dalam kamus bahasa indonesia (2001) pengetahuan dikaitkan dengan segala sesuatu yang diketahui berkaitan dengan proses belajar.


Sumber :
1.                                    http://kartika-s-n-fisip08.web.unair.ac.id/artikel_detail-37181-hardskill%20-PENGERTIAN%20PENGETAHUAN,%20ILMU,%20DAN%20ILMU%20PENGETAHUAN.html
2.                                     http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php.
3.                                    http://carapedia.com/pengertian_definisi_pengetahuan_info2052.html/



  III.          Pengertian Ilmu Pengetahuan
A.    Moh Hatta
Ilmu pengetahuan adalah pengetahuan atau studi yang teratur tentang pekerjaan hokum umum, sebab akibat dalam suatu kelompok  masalah yang sifatnya sama baik dilihat dari kedudukannya maupun hubungannya.
B.    Menurut Terminologi
Ilmu pengetahuan adalah observasi, identifikasi , deskripsi, investigasi, eksperimental dan penjelasan fenomena teoritis. Hal ini digunakan untuk objek penelitian atau studi.
C.    MenurutIstilah Kontemporer
Ilmu pengetahuan adalah suatu system untuk memperoleh pengetahuan yang didasarkan pada proses ilmiah atau metode untuk mengatur pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian.
D.    Menurut Ilmiah
Ilmu pengetahuan adalah upaya manusia untuk menemukan dan meningkatkan pengetahuan melalui penelitian.
E.     Kamus Bahasa Indonesia (Admojo, 1998)
Ilmu Pengetahuan adalah suatu bidang yang disusun yang sistematis berdasarkan metode tertentu, untuk dapat dimanfaatkan sebagai penjelas gejala tertentu.
F.     Menurut “ensiklopedia Indonesia”
ilmu pengetahuan adalah suatu sistem dari berbagai pengetahuan yang masing-masing didapatkan sebagai hasil pemeriksaaan-pemeriksaan yang dilakukan secara teliti dengan menggunakan metode-metode tertentu. Ilmu pengetahuan prinsipnya merupakan usaha untuk mengorganisasikan dan mensistematiskan common sense, suatu pengetahuan yang berasal dari pengalaman dan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari, namun dilanjutkan dengan suatu pemikiran secara cermat dan teliti dengan menggunakan berbagai metode.

Jika bisa saya ambil kesimpulan, ilmu pengetahuan adalah suatu bidang yang berasal dari berbagai pengetahuan yang didapatkan sebagai hasil dari suatu gejala yang dianalisa dan diperiksa secara teliti dengan menggunakan metode metode tertentu (secara rasional, sistematik, logis, dan konsisten) sehingga didapat penjelasan mengenai gejala yang bersangkutan. Jadi ilmu pengetahuan itu konkrit dan tidak terbatas, yaitu dapat diukur kebenarannya. Kehadiran objek dan subjek tidak dapat dipisahkan atau memiliki keterkaitan satu sama lainnya


Sumber     :
1.     http://jaringankomputer.org/definisi-atau-pengertian-ilmu-pengetahuan/.
2.     https://muhamadfauziali.wordpress.com/2013/04/23/tugas-1-definisi-ilmu-pengetahuan/.

  IV.          Pengertian Sains
A.    Menurut bahasa
Diambil dari kata bahasa inggris science , yang berasal dari bahasa latin scientia dari bentuk kata kerja scire yang berarti mempelajari, mengetahui. Ilmu pengetahuan adalah suatu proses pemikiran dan analisis yang rasional, sistematik, logis, dan konsisten.
B.    Webster New Collegiate Dictionary
sains adalah “pengetahuan yang diperolehmelalui pembelajaran dan pembuktian” atau “pengetahuan yang melingkupi suatu kebenaran umum dari hukum – hukum alam yang terjadi misalnya didapatkan dan dibuktikan melalui metode ilmiah.
C.    Hans Reichenbach
Sains disebut juga dengan pengetahuan yang bersifat bisa memprediksi (Predictive Knowledge)


Sumber :
1.     https://muhamadfauziali.wordpress.com/2013/04/23/tugas-1-definisi-ilmu-pengetahuan/.
2.     http://definisimu.blogspot.com/2012/08/definisi-sains.html.

1 comment:

  1. Sini Welcome To Diblog Randa Banyak Informasi Yang Anda Dapatkan Di >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Sini Welcome To Diblog Randa Banyak Informasi Yang Anda Dapatkan Di >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Sini Welcome To Diblog Randa Banyak Informasi Yang Anda Dapatkan Di >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete